Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi pada Industri Tambang Batubara Go Public di Indonesia)


Company Financial Performance Before and After Acquisition (Study on Go Public Coal Mining Industry in Indonesia)


  • (1) * Sri Anggeny Marta Fiona            Universitas Telkom  
            Indonesia

  • (2)  Arlin Ferlina Mochamad Trenggana            Universitas Telkom  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Dalam satu dekade terakhir perkembangan harga batubara terus mengalami fluktuasi, sehingga berdampak buruk bagi para pelaku bisnis, diantaranya terganggunya kinerja keuangan dan operasional perusahaan, terjadi PHK besar-besaran, hingga menurunnya harga saham batubara. Melihat dampak buruk yang terjadi, beberapa perusahaan melakukan akuisisi atau pengambil alihan  kepemilikan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi dengan menggunakan Du Pont System, yang mencakup perhitungan Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turn Over (TATO), dan Financial Leverage Multiplier (FLM). 

Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah industri tambang batubara go public di Indonesia yang melakukan akuisisi di tahun 2016, dengan populasi 22 perusahaan dan pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu terdiri 2 perusahaan menggunakan analisis Du Pont System dalam pengolahan data sekunder.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, meski kinerja keuangan sesudah akuisisi secara keseluruhan mengalami peningkatan, merujuk hasil uji paired sampel t-test memperlihatkan tidak terdepat perbedaan signifikan pada kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi dilakukan, karena hasil uji test memperlihatkan nilai signifkansi lebih besar dari 0,05 sehingga H0 diterima.

Author Biographies

Sri Anggeny Marta Fiona, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Arlin Ferlina Mochamad Trenggana, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

References

Fahmi, Irham. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Bandung. Alafabeta
Gozali, Nanang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Pustaka Setia Bandung
Harahap, Syofan Syafri. (2018). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Depok : Rajawali Pers
Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Gramedia Widiasarana
Purwanto, Erwan. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Gava Media
Sujarweni, V. Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Grasindo
Suciati H. 2016. Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger (Kasus pada Bank CIMB Niaga yang Terdaftar di BEI). Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah : Surakarta
Nurahma H. 2016. Analisis Kinerja Keungan Perusahaan dengan Menggunakan Metode Dupont System untuk Sub Sektor Pertambangan Batubara yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2014. Jurnal Fakultas Komunikasi dan Bisnis, 10 (1) : 1-2.
Agita Rachmawati. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan PT. Surya Citra Media Tbk. Dan PT. Media Nusantara Citra Tbk. Selama Periode 2008-2013. Jurnal Fakultas Komunikasi dan Bisnis, 9 (2) : 2-3.
Published
2020-09-21
 
Section
Articles